Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Prospek Prodi UGM

    Benar kata Rumah Coklat kalau sudah kelas XII, kebanyakan sudah berfikir tentang persiapan UN, kuliah, dan mau melanjutkan di mana. Maka dari itu, buat Sahabat yang masih bingung mau masuk kuliah dan prodi di mana, silahkana baca artikel ini. Di sini saya mengambil sampel UGM (Universitas Gajah Mada). Langsung saja klik "Buka" dan semoga bermanfaat.
    The Aghnanisme - Prospek Program Studi UGM
    FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM:
    1. Elektronika dan Instrumentasi
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai sistem elektronika dan instrumentasi, pengukuran dengan instrument elektronika, serta sistem dan pemrograman komputer.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja lembaga pemerintah (Kementrian Ristek dan Depdiknas), BUMN (Pertamina, PLN, PINDAD, Telkom, dan PN Gas), serta perusahaan multinasional bidang Teknologi Informasi.

    2. Matematika
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai cabang-cabang ilmu matematika, meliputi analisis dan geometri, aljabar dan matematika diskret, matematika terapan, statistika, komputer, dan kalkulasi di bidang fisika, kimia, dan biologi.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di bidang sistem informasi, lembaga penelitian, industri minyak dan gas bumi, BUMN bidang telekomunikasi, Kementrian Ristek, Depdiknas, perusahaan asuransi, dan bidang perbankan, serta pasar modal.

    3. Fisika
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai salah satu dari 5 kelompok minat keilmuan, yaitu fisika komputasi, fisika teori, fisika atom dan inti, fisika zat padat, atau kewirausahaan berbasis fisika terapan.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di lembaga pemerintah (Kementrian Ristek dan Depdiknas), BUMN (Pertamina, PN Gas, dan PUSRI), industri swasta, serta wirausaha di bidang fisika terapan.

    4. Kimia
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai sifat-sifat berbagai senyawa kimia dan perubahannya menjadi senyawa lain beserta energi yang menyertainya, metode pemurnian, dan pemanfaatan berbagai senyawa untuk keperluan.
    industri. Prospek Karir: Lulusan program studi ini berkerja di lembaga pemerintah (Kementrian Ristek, Depdiknas, Depkes, Deperindag, dan Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral), BUMN (Pertamina, PINDAD, PN Gas), lembaga penelitian, industri semen, petrokimia, obat-obatan, dan pertambangan.

    5. Geofisika
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki keahlian Geofisika, yaitu analisis, dan penerapan fisika untuk struktur bawah permukaan bumi.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di lembaga pemerintah (Kementrian Ristek, Depdiknas, Departemen Energi dan Sumberdaya Mineral), BUMN (Pertamina dan PN Gas), industri pertambangan (minyak, gas bumi, panas bumi dan mineral), dan lembaga penelitian.

    6. Statistika
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai ilmu dan terapan statistika, analisis dan pengolahan data, rancangan percobaan, basis data, komputasi statistik dan stokastik, serta pengendalian kualitas statistik.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini berkerja di lembaga pemerintah (Biro Pusat Statistik, Depdiknas, Bapenas, dan Bappeda), biro konsultan statistik, perusahaan Asuransi, dan bidang perbankan, serta pasar modal.

    7. Ilmu Komputer
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai sistem informasi dan multimedia, sistem komputer dan jaringan, algoritma dan komputasi, dan sistem cerdas. Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di lembaga pemerintahan, BUMN, perbankan, lembaga penelitian, industri dan wirausaha di bidang komputer, serta berbagai institusi dan perusahaan terkait bidang Teknologi Informasi.

    Alamat:
    Sekip Utara BLS 21, Yogyakarta 55281
    Telp (0274) 513339, Fax (0274) 513339
    E-mail: dekan_mipa@ugm.ac.id
    Website: http://mipa.ugm.ac.id

    FAKULTAS TEKNIK:
    1. Arsitektur
    Keunggulan: Lulusan Arsitektur memiliki kompetensi kuat pada teknologi arsitektur yang berakar pada budaya lokal dan global, rekayasa, pengelolaan bangunan dan kawasan.
    Prospek Karir: Lapangan kerja lulusan sangat luas, antara lain industri real estate, konsultan, instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kementrian Perumahan Rakyat), peneliti di berbagai lembaga penelitian, dan dosen.

    2. Teknik Elektro
    Keunggulan: Lulusan Teknik Elektro memiliki kompetensi dasar dan terapan di bidang ketenagaan listrik, komunikasi, informatika, dan instrumentasi.
    Prospek Karir: Lulusan dari program studi ini sangat dibutukan oleh instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Kominfo), industri, terutama di PLN, industri kelistrikan, industri komputer dan informatika, telekomunikasi, elektronika, dan industri-industri yang menggunakan sistem instrumentasi kendali.

    3. Teknik Geodesi
    Keunggulan: Lulusan dari program studi ini mampu menerapkan dan mengembangkan iptek yang berbasis pada peralatan modern geodesi dan geomatika, seperti melakukan survey, remote sensing, pengukuran variabel geodesi dan geomatika dan mengolah data informasi kebumian untuk kepentingan pemetaan dan penyusunan sistem informasi.
    Prospek Karir: Alumni program studi ini sangat banyak bekerja di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Pertambangan, BPN, Bakosurtanal), dan lembaga lain seperti Pertamina, Perhutani, Perkebunan, perusahaan pertambangan mineral, konsultan survey dan pemetaan.

    4. Teknik Geologi
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kemampuan komprehensif di bidang geologi mineral, struktur, hidrogeologi, pertambangan, geologi bencana alam, dan pemetaan.
    Prospek Karir: Lulusan Teknik geologi banyak bekerja pada instansi pemerintah (Departemen PU, Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral), perusahaan-perusahaan pertambangan swasta, seperti: pengolahan mineral, emas, logam, batu bara, minyak, dan gas bumi dalam negeri maupun asing.

    5. Teknik Kimia
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai iptek dan pengembangan teknologi kimia dan mampu melakukan proses rekayasa berbagai industri kimia.
    Prospek Karir: Peluang kerja lulusan sangat besar pada instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Depkes), industri pupuk, industri petrokimia, industri pengolahan tambang, industri minyak dan gas bumi, industri bahan makanan, peneliti, dan konsultan industri rekayasa.

    6. Teknik Mesin
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kemampuan merekayasa mesin modern, produksi dan pemeliharaan mesin yang sangat banyak digunakan untuk kepentingan industri.
    Prospek Karir: Peluang kerja lulusan sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag, Dephub), industri mesin, industri kimia, jasa konstruksi mesin, konsultan teknik, peneliti, dan tenaga pengajar di perguruan tinggi.

    7. Teknik Industri
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kompetensi di bidang rekayasa dan pengelolaan industri, mampu merancang, menginstalasi, menjalankan, dan mengembangkan sistem-sistem integral yang terdiri dari manusia, mesin, bahan, energi, dan informasi.
    Prospek Karir: Lulusan bekerja di instansi pemerintah (Bappeda, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri multinasional bidang kimia, mesin, elektronika, minyak dan gas bumi, serta di sektor konsultan proses industri.

    8. Teknik Nuklir
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kompetensi dalam pengembangan dan penerapan iptek nuklir untuk kesejahteraan manusia, pemanfaatan bahan galian radioaktif secara aman, pemanfaatan radioaktif dan radiasi di rumah sakit industri dan pembangkit listrik.
    Prospek Karir: Peluang kerja lulusan antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri permesinan, industri energi dan jasa yang menerapkan teknologi nuklir, eksplorasi minyak dan gas bumi, industri informatika, dan pendidikan tinggi.

    9. Fisika Teknik
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kemampuan di bidang pengembangan dan penerapan sistem industri, terutama di bidang rekayasa instrumentasi, rekayasa dan manajemen energi baru dan terbarukan.
    Prospek Karir: Peluang kerjanya sangat besar antara lain bekerja di instansi pemerintah (Depkes, Batan, Bapeten, Bappenas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, Deperindag), industri kimia, industri kertas, rumah sakit, industri kimia, industri minyak dan gas bumi, industri energi baru, informatika, pembangkit listrik, serta lembaga riset.

    10.Teknik Sipil dan Lingkungan
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki keahlian di bidang perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur jalan, pelabuhan, jembatan, bandara, industri rekayasa struktur dan penatakelolaan sumber daya air.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini mudah terserap di dunia kerja, terutama di instansi pemerintah (Departemen PU, Departemen Pertanian, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), kontraktor bangunan dan infrastruktur, dan industri struktur swasta maupun asing.

    11.Perencanaan Wilayah dan Kota
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kemampuan di bidang teknik dan manajemen perencanaan wilayah dan kota dengan sifat kekhasan masingmasing sesuai dengan potensi sumber daya lokal.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja sebagai perencana wilayah di instansi pemerintah (Departemen PU, Bappenas, Bappedal, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), instansi swasta, sebagai konsultan, peneliti, dan pengajar di perguruan tinggi.

    Alamat:
    Jl. Grafika No 2, Yogyakarta 55281
    Telp: (0274) , 513665, 6492190 s.d. 6492194, Fax.: (0274) 589659
    E-mail: teknik@ugm.ac.id, ftugm@yogya.wasantara.net.id
    Website: http://fakultas-teknik.ugm.ac.id/

    FAKULTAS KEDOKTERAN:
    1. Pendidikan Dokter
    Keunggulan: Melalui Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan strategi Belajar Berdasarkan Masalah (BBM) atau Problem Based Learning (PBL), Program Pendidikan Dokter UGM menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dengan standar internasional sebagai dokter umum. Lulusan program studi ini mampu mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama pendidikan.
    Program Pendidikan Dokter UGM menghasilkan lulusan yang mem-punyai kompetensi dengan standar internasional sebagai dokter umum. Lulusan program studi ini mampu mengatasi masalah kesehatan masyarakat yang dihadapi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh selama pendidikan.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinisi.

    2. Ilmu Keperawatan
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menghasilkan tenaga perawat yang dapat bekerja secara profesional, bermoral, etis, mampu bekerja sama secara efektif dan efisien dengan tenaga kesehatan lain, serta mampu mengelola pelayanan keperawatan yang handal dengan standar internasional.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di rumah sakit pemerintah, swasta dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, termasuk sebagai tenaga perawat di luar negeri (Uni Eropa, Asia Tenggara, dan Timur Tengah).

    3. Ilmu Gizi dan Kesehatan
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai dasar-dasar Ilmu Gizi Kesehatan dan makanan, pengetahuan dan ketrampilan mengenai epidemiologi gizi, status gizi, antropologi gizi, psikologi gizi, ekonomi gizi, demografi gizi, pendidikan perilaku gizi dan terapi gizi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah gizi yang ada.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini dibutuhkan dalam upaya perbaikan gizi, baik di instansi pemerintah maupun swasta seperti rumah sakit, puskesmas, industri-industri makanan. Selain itu dapat bekerja sebagai pengajar, konsultan gizi, maupun bekerja di lembaga-lembaga lain yang bergerak dalam bidang penanggulangan masalah pangan dan perbaikan gizi.

    Alamat:
    Sekip, Yogyakarta 55281
    Telp.: (0274) 6492500 s.d. 6492505; 560300, Fax. (0274) 581876
    E-mail: fku@ugm.ac.id
    Website: http://fk.ugm.ac.id/

    FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI:
    FAKULTAS KEDOKTERAN GIGI
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai materi ketrampilan dasar klinik di bidang kesehatan gigi dan mulut, teori dasar pengelolaan pasien, diagnosis penyakit gigi, penggunaan obat dalam praktek, serta etika hukum kedokteran gigi. Selain itu, mempunyai kompetensi dasar dalam tindakan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif bagi masyarakat.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di pemerintahan (Departemen Kesehatan, TNI, dan Kepolisian), sebagai dosen, peneliti di lembaga penelitian pemerintah dan swasta, maupun bekerja secara mandiri sebagai klinisi gigi.

    Alamat:
    Jl. Denta No. 1, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
    Telp. (0274) 515307, 547667
    Fax. (0274) 515307
    E-mail: fkg@ugm.ac.id
    Website: http://www.fkg.ugm.ac.id

    FAKULTAS BIOLOGI:
    FAKULTAS BIOLOGI
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai pengetahuan biologi modern yang sesuai dengan perannya dalam biodiversitas dan bioteknologi, seperti biosistematik dan evolusi, biologi perkembangan, biologi sel dan molekular, biologi mikroba, dan biologi lingkungan.
    Prospek Karir: Sarjana biologi sangat dibutuhkan dalam pengembangan dunia ilmu pengetahuan, baik pengajar maupun peneliti di berbagai perguruan tinggi atau lembaga penelitian. Di samping itu, tidak sedikit alumni yang dipercaya sebagai staf ahli di berbagai instansi pemerintah dan industri milik pemerintah atau swasta.

    Alamat:
    Jl. Teknika Selatan, Yogyakarta 55281
    Telp: (0274) 6492350, 6492351, 6492352, 6492354, 580839
    Fax: (0274) 580839
    E-mail: biologi-ugm@ugm.ac.id
    Website: http://www.biologi.ugm.ac.id/

    FAKULTAS EKONOMIKA DAN BISNIS:
    1. Ilmu Ekonomi
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai ilmu ekonomi dan analisis ekonomi yang relevan dalam pengambilan keputusan di negara sedang berkembang.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), perusahaan swasta nasional dan internasional.

    2. Akuntansi
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai aspek yang terkait dengan akuntansi, seperti akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi sektor publik, pengauditan, dan sistem informasi.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, dan Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, dan Bursa Efek), konsultan, serta perusahaan swasta nasional dan internasional.

    3. Manajemen
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai salah satu dari 4 minat keahlian, yaitu manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen SDM, manajemen operasi dan sistem informasi, atau manajemen strategik.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di instansi pemerintah (Bappenas, Depkeu, Deperindag, Bappeda, Departemen Pertanian, Depdiknas, Lembaga Penelitian), swasta (perbankan, Bapepam, Bursa Efek), konsultan, perusahaan swasta nasional dan internasional.

    Alamat:
    Jl. Humaniora, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
    Telp. (0274) 548 510-548 515, 548508, 6491200, Fax. (0274) 563212
    E-mail: admin@fe.ugm.ac.id, dekanfe@ugm.ac.id
    Website: http://fe.ugm.ac.id/

    FAKULTAS FARMASI:
    FAKULTAS FARMASI
    Keunggulan: Lulusan program studi ini menguasai ilmu farmasi dan trampil dalam mengelola bidang kefarmasian yang meliputi penga-daan, penyediaan, distribusi, pengawasan, penggunaan, pembuatan obat, pembuat-an formulasi obat, dan monitoring segala kegiatan yang menyangkut obat, obat alami, kosmetika, dan alat kesehatan.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini berprofesi sebagai farmasis (ahli farmasi) di industriindustri farmasi, rumah sakit, atau menjadi apoteker. Peluang kerja sangat luas di dalam dan luar negeri.

    Alamat:
    Sekip Utara, Yogyakarta 55281
    Telp: (0274) 543120, 6492563, 6492564, Fax.: (0274) 543120
    E-mail: farmasi@ugm.ac.id
    Website: http://farmasi.ugm.ac.id

    FAKULTAS FILSAFAT:
    FAKULTAS FILSAFAT
    Keunggulan: Lulusan program studi ini memiliki kognisi kefilsafatan luas dan mendalam, memiliki kemampuan berpikir analisis-reflektif, radikal, komprehensif, integral mengenai berbagai persoalan teoritis-praktis dalam berbagai aspek kehidupan, khususnya dalam bidang religi-budaya, ilmu teknologi, sosial-politik, dan etika. memiliki kemampuan menyusun dan mengkomunikasikan konsep kefilsafatan pada umumnya, dan filsafat Pancasila pada khususnya.
    Prospek Karir: Dengan banyaknya aktivitas berpikir, membaca, berdiskusi dan dan latihan menulis selama kuliah, keluasan wawasan mahasiswa terbangun. Lulusan program studi ini bekerja dalam segala bidang tugas yang bermuatan intelektual, seperti peneliti, jurnalis, aktivis LSM, dan berbagai karir yang menuntut kreatifitas berpikir.

    Alamat:
    Jl. Olahraga, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
    Telp.(0274) 6491190-6491194
    Fax.: (0274) 515368
    E-mail: filsafat@ugm.ac.id
    Website: http://filsafat.ugm.ac.id

    FAKULTAS GEOGRAFI:
    1. Geografi dan Ilmu Lingkungan
    Keunggulan: Lulusan program studi ini mampu membuat analisis dan interpretasi geografi. Membuat peta citra diagram dengan teknologi mutakhir, melakukan survey sosial untuk pengumpulan dan analisis informasi geografi manusia, melakukan analisis data spasial dan ruangan dengan penginderaan jauh, Sistem Informasi Geografi (SIG), dan pemodelan matematik.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini bekerja di Bakorsurtanal, Bappeda, Bapedal, BPPT, Ditjen Bangda, BKKBN, LIPI, LAPAN, dan di departemendepartemen (Pertambangan, Transmigrasi, Kehutanan, dan Keuangan).

    2. Kartografi dan Penginderaan Jauh
    Keunggulan: Lulusan program studi ini mampu menganalisis peta dan interpretasi citra penginderaan jauh, serta penyajiannya sebagai peta tematik yang komunikatif, analisis medan untuk kajian kewilayahan dan pembangunan regional, penerapan teknik analisis citra dan peta, serta pengolahan informasi spasial secara terpadu dengan dukungan teknologi sistem informasi geografi (SIG).
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini dapat bekerja di Bappeda, Dinas PU, Kehutanan, Kantor Pertanahan, sektor swasta, dan lembaga-lembaga penelitian.

    3. Pembangunan Wilayah
    Keunggulan: Lulusan program studi ini mampu mengkaji karakteristik sumber daya wilayah, yang dilakukan antara lain dengan metode analisis geografis dan teknik-teknik perencanaan, serta aplikasi SIG. Lulusan juga memahami dimensi manusia, dimensi alam, ilmu wilayah, teknik perencanan pengembangan wilayah, analisis kewilayahan dan tata ruang, pengembangan sumber daya alam dan lingkungan, dan manajemen proyek pembangunan.
    Prospek Karir: Lulusan program studi ini memiliki peluang besar untuk bekerja di Bappeda, Departemen Kimpraswil, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Kehutanan, Departemen Dalam Negeri, Direktorat Pembangunan Masyarakat Desa, BPN, BPPT, Bakorsurtanal, LIPI, atau pada dinas-dinas sektoral/teknis di tingkat daerah. Karir di sektor swasta juga terbuka lebar, misalnya perusahaan pemetaan, konsultan pembangunan, dan pengelola kawasan industri.

    Alamat:
    Sekip Utara, Jln. Kaliurang, Bulaksumur, Yogyakarta 55281
    Telp.(0274) 6492340,Fax.: (0274) 589595
    E-mail: geografi@ugm.ac.id
    Website: http://geo.ugm.ac.id/

    Mau yang lain:
    Follow
    Google+ Icon

    Info lebih lanjut:
    Follow juga
    Twitter Icon


    6 comments:

    1. Menarik banget nih bang trims sdh abang share.

      ReplyDelete
    2. Teirma kasih atas infromasi yang sudah disampaikan salam sukses selalu ^___^

      ReplyDelete
    3. tahun ini UGM buka pendaftaran TEKnik geofisika gak?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba di cek di halaman resmi UGM atau SNMPTN.
        Terima kasih sudah berkunjung.

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.