Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Hal Penting saat UN

    Dari beberapa survei yang ditemukan oleh Dinas Pendidikan, banyak kegagalan Ujian Nasional (UN) bukan hanya dikarenakan materi. Tetapi, banyak siswa pintar yang gagal hanya karena kesalahan Lembar Jawaban Komputer (LJK) tidak terbaca.
    Hal Penting dalam Ujian Nasional
    Maka dari itu, beberapa hal yang patut diperhatikan dalam mengisi Lembar Jawaban Komputer akan admin sampaikan berdasarkan resensi yang didapatkan.

    1. Alat Tulis
    Alat tulis merupakan faktor penting terbaca dan tidaknya LJK. Gunakan pensil 2B, bukannya promosi. Ini sudah direkomendasikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

    2. Cara Penghitaman
    Cara menghitamkan LJK sebenarnya sudah banyak contohnya, tetapi masih banyak juga yang tidak melakukannya. Kebanyak siswa hanya mencentang LJK, padahal hal ini tidak dibenarkan. Apalagi jika waktu hampir habis, siswa akan tergesa-gesa dalam menghitamkan LJK sehingga kadang salah.

    3. Hindari Mencoret LJK
    Hal ini sangat penting. Jangan sekali-kali mencoret-coret LJK terutama di kotak-kotak hitam yang merupakan penanda dalam LJK. Juga dalam membubuhkan tanda tangan peserta, jangan sampai kelewat kotak yang disediakan.

    4. Menghapus Jawaban Salah
    Jika ada jawaban yang salah lalu siswa ingin menghapusnya, pastikan menggunakan penghapus yang sudah direkomendasikan agar jawaban sebelumnya bisa terhapus dengan sempurna. Hal ini agar jawaban tida terbaca dengan dobel.

    5. Teliti
    Yang terakhir, dalam menuliskan identitas terutama nama siswa. Ingat, perbedaan identitas dan nama akan membuat LJK tidak terakumulasi. Misalkan, namanya John Travolta. Hari pertama menulis namanya lengkap di LJK. Hari kedua menuliskan J Travolta. Hal ini akan membuat nilai siswa tersebut tidak dapat terakumulasi.
    Lulus Ujian Nasinal 2013
    Tidak menutup kemungkinan jika beberapa poin di atas akan hilang. Sebab, admin dengan LJK yang akan digunakan besok berbeda. Kabar terakhir, paket UN besok ada 30 paket soal dengan rincian 20 paket soal utama dan 10 paket soal cadangan. Soal dan LJK menggunakan barcode bukan simbol P15, P45, atau sejenisnya. Jadi, kemungkinan untuk berbuat curang akan sangat kecil.

    Jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan. Dan, admin juga minta doanya agar bisa lulus Ujian Nasional 2013 dan diterima di Perguruan Tinggi yang admin impikan. Amiin.

    Semoga informasi ini dapat membantu.

    Salam Sahabat,

    5 comments:

    1. permisi seandainya kalau kotak hitamyg berada di pinggir ljk itu terhapus setengah itu ngaruh atau tidak saat di scan atau bisa di scan atau tidak.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah, kemungkinan besar sulit untuk di scan
        Tetapi jangan khawatir, KEMENDIKBUD akan melakukan scanning manual jika lembar jawab tidak terbaca pemindai
        Terima kasih (o)

        Delete
    2. Kalau misalnya lupa untuk menuliskan tanda tangan, bahaya g? Tapi identitas lain lengkap

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.