Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Tips Wisata Tebing Breksi Yogya

    Salah satu tempat wisata di Jogja yang sedang hits adalah Tebing Breksi. Tebing Breksi terletak di Kabupaten Sleman, tepatnya di Sambirejo, Prambanan, Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Sebelah selatan Candi Prambanan dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko.
    Siapa sangka tempat ini dulunya adalah tempat penambangan abtu alam oleh masyarakat sekitar untuk bahan dekorasi bangunan. Namun, pada tahun 2014 pemerintah menutup tempat ini setelah dilakukan kajian yang menyatakan bahwa batuan di tempat ini merupakan hasil aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Selanjutnya tempat ini dilindungi dan tidak diperbolehkan adanya aktivitas penambangan.

    Semenjak adanya larangan penambangan, masyarakat memanfaatkan sisa-sisa penambangan untuk tempat wisata. Dengan kreatifitas, masyarakat mendekorasi bekas tempat tambang ini menjadi lebih menarik sehingga wisatawan semakin banyak berkunjung.

    Beberapa hari yang lalu, saya berkesempatan mengunjungi tempat ini untuk yang ketiga kalinya. Kesan yang timbul pertama kali melihat lokasi ini lagi adalah tambah ramai. Beberapa alasan yang mungkin membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung antara lain:

    Pesona Wisata Taman Tebing Breksi Jogja

    Pesona yang dimiliki bekas tambang ini adalah guratan tebing batu yang khas dan jarang ditemui di tempat lainnya. Selain tebing batu yang khas, pemandangan alam Kota Yogyakarta dan Gunung Merapi dari atas tebing setelah menaiki beberapa anak tangga akan sangat menarik perhatian pengunjung.
    Di kawasan ini juga terdapat panggung lingkaran dimana dikelilingi tempat duduk dari batu yang apabila difoto dari atas tebing akan sangat instagramable. Selain itu di tempat ini terdapat pernak-pernik khas kerajinan masyarakat sekitar yang bisa dijadikan oleh-oleh.

    Harga Tiket Masuk Tebing Breksi Jogja

    Tebing Breksi Jogja dapat dikunjungi mulai dari pagi hingga sore hari setiap harinya. Sedangkan untuk harga tiket masuk, Tebing Breksi Jogja tidak mematok harga tiket masuk. Pengunjung hanya diminta membayar sukarela atau seikhlasnya saja. Pengunjung hanya perlu mempersiapkan uang untuk parkir yang tarifnya sangat murah. Rp. 2.000,00 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000,00 untuk mobil.

    Tips Wisata di Tebing Breksi Jogja

    Beberapa hal yang mungkin perlu diperhatikan saat berwisata ke Tebing Breksi Jogja antara lain:
    1. Tebing Breksi Jogja merupakan bekas tambang batu dimana di sekitar tempat ini minim pepohonan besar dan cukup berdebu sehingga cukup panas apabila siang hari. Pengunjung perlu mempersiapkan topi atau payung dan masker atau dengan memilih berkunjung pada saat matahari sudah tidak terlalu terik.
    2. Lokasi di tempat ini cukup terjal karena dari bebatuan sehingga pengunjung disarankan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak mudah lepas / rusak.
    3. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima karena medan yang akan dilalui menanjak dan beberapa jalan aspal rusak berlubang.
    4. Perhatikan instruksi dari pengelola terutama untuk tidak bersandar di pagar pembatas karena kemarin (12 Mei 2018) ada tragedi salah seorang pengunjung yang berada di bawah kejatuhan batu dari atas.
    5. Fasilitas di tempat ini sudah lumayan baik dimana terdapat tempat parkir yang luas bahkan bisa menampung puluhan bus, mobil dan motor; toilet yang berada di sisi utara dan selatan; mushola yang bersih dan warung makan yang murah meriah ditambah akses wifi gratis yang lumayan cepat.

    1 comment:

    1. baru masuk liputan tvri. tempatnya cukup bagus untuk foto2. semoga banyak pengunjungnya

      ReplyDelete

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.