Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Penilaian SNMPTN Undangan

    The Aghnanisme - Penialaian SNMPTN Undangan
    Selamat pagi Sahabat The Aghnanisme. Sesuai janjinya tadi malam, dia akan memberikan informasi tentang hal-hal yang dipertimbangkan untuk penilaian SNMPTN Undangan.

    Penilaian adalah otoritas setiap masing-masing perguruan tinggi dan penilaian secara rincinya tidak pernah diumumkan. Yang diumumkan hanya garis besarnya saja. Berikut ini beberapa kriteria penilaian yang umum digunakan, jadi mungkin saja tidak semuanya kriteria yang dia tulis di sini diperhatikan, mungkin hanya beberapa saja yang benar.

    1. Nilai Raport
    Secara umum di SNMPTN Undangan, nilai rapor yang di UN-kanlah yang dijadikan acuan untuk pembuatan peringkat.

    2. Nilai per Mata Pelajaran
    Misalkan saja A dan B mengambil jurusan biologi di kampus yang sama. Secara peringkat A kalah, tetapi nilai biologi A lebih baik dari B. Ini memungkinkan A tetap bisa bersaing dengan B. Itu keputusan kampus masing-masing.

    3. Konsistensi
    Tahun lalu, konsistensi menjadi syarat. Misalkan tahun lalu, pada sekolah akreditasi A bisa menngirim 50% siswa terbaik dan harus konsisten. Konsisten disini adalah yang tidak pernah keluar ranking 50% selama semester 3-5. Jadi setiap sekolah biasanya tidak sampai mengirim 50% nya. Itu aturan konsisten oleh panitia SNMPTN. Kalau konsisten ketika penilaian oleh kampusnya, itu berbeda-beda dan tidak diketahui seberapa penting dan pengukurannya bagaimana. Menurut pengalaman, ada juga yang semester 5 nilainya jatuh, diterima di FH UI. Jadi, ukuran konsistensi bergantung pada masing-masing kampus.

    4. Prestasi di Luar Kelas
    Kamu dapat melampirkan, maksimal 3 (tiga) prestasi terbaikmu. Piagam/sertifikat itu nanti akan di-scan lalu di-upload ke panitia ketika kamu mendaftar.

    5. Akreditasi/Prestasi Sekolah
    Prestasi sekolah di ajang kompetisi-kompetisi juga dapat menjadi pertimbangan. Seperti sering menang olimpiade-olimpiade atau lomba-lomba lain. Otomatis alumni sekolah itu juga akan terangkat namanya.

    6. Prioritas Pilihan Jurusan
    The Aghnanisme - Prioritas Pilihan Jurusan SNMPTN
    Bedasarkan survey tahun 2012 (1300an responden), 92% yang diterima di kampus pilihan I (baik jurusan pertama atau kedua). Jadi harus diperhatikan urutannya juga. Kalau bisa yang realistis, tinggi boleh, tapi jangan terlalu.

    7. Jumlah Alumni di PTN yang Didaftarkan

    Jumlah alumni SMA kamu yang kuliah di PTN yang kamu ingin daftar, juga menjadi pertimbangan. Semakin banyak alumni dari SMA kamu tentu semakin bagus.

    8. IPK/Prestasi Alumni
    Jika alumni SMA kamu memiliki prestasi yang bagus, tentu itu akan membuat PTN yang kamu inginkan lebih yakin terhadap kualitas siswa atau siswi di sekolahmu.

    9. Pengembangan SDM Daerah
    Di beberapa PTN memberi jatah daerah-daerah tertentu yang kekurangan SDM. Terutama jurusan-jurusan yang menyangkut kesejahteraan masyarakat, seperti dokter. Karena jika nanti setelah lulus, diharapkan bisa kembali dan meningkatkan kesejahteraan daerah asalnya.

    10. Aturan Khusus tiap PTN
    Aturan dari kampus juga perlu diperhatikan, terutama tentang 'lintas jurusan' dan 'surat pernyataan kesediaan membayar'. Di tahun 2012, beberapa kampus membolehkan lintas jurusan (misal anak IPA milih jurusan IPS), namun ada juga yang tidak diperbolehkan. Beberapa PTN juga mensyaratkan surat kesediaan membayar, misalnya UGM dan ITB. Jika calon mahasisa tidak mengirim bisa kena biaya mahal atau malah bisa juga tidak diproses (di UGM).

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.