Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Birdwatching: Pengaruh Waktu terhadap Jarak dan Jumlah

    Judul di atas bukanlah judul penelitian, melainkan sebuah hipotesis dari pengalaman yang pernah saya alami sendiri. Pertanyaannya, bagaimana waktu dapat mempengaruhi jarak dan jumlah? Kita beri sedikit penjelasan terlebih dahulu.

    Waktu yang dimaksudkan di sini adalah adalah waktu pengamatan, lebih tepatnya ke jam pengamatan. Jarak yang dimaksudkan di sini tidak lain tidak bukan adalah jarak pengamatan (catatan: menggunakan metode hide and seek, bukan stay and wait atau malah wait then sleep). Jumlah yang dimaksud pastinya jumlah list burung yang dijumpai (jumlah jenisnya maupun jumlah individunya).

    Sebagai contoh, pengalaman saya sendiri yang mengikuti JBW Tlogo Nirmolo tanggal 15 Maret 2015 kemarin. Saya memulai pengamatan sekitar jam 08:00 WIB. Sempat berencana melalui jalur pronojiwo tetapi ditutup karena masih terdapat longsoran, akhirnya melalui jalur yang pernah saya lalui saat pelantikan Bionic tahun lalu.

    Dari jarak pengamatan yang sudah “putar balik” setelah jam 09:00 WIB, saya hanya sempat mencatat beberapa burung saja. Sisanya, tidak begitu fokus karena cuaca juga semakin panas dan tenaga mulai terkuras. Berikut list burung yang saya temui:

    Pengamat: Aghnan, Katon
    Hari: Minggu, 15 Maret 2015
    Waktu: 08:00 – 09:00 WIB
    Lokasi: Tlogo Nirmolo
    1. Burungmadu sriganti
    2. Kacamata biasa
    3. Sikatan belang
    4. Cicadaun sayapbiru
    5. Alapalap sp.
    6. Cucak gunung
    7. Ciungbatu kecil

    Apabila dibandingkan dengan pengamatan saat pelantian dulu memang jauh berbeda. Pengaruh waktu pengamatan di sini memang cukup signifikan, terlepas dari bulan migrasi ataupun non-migrasi. Semakin siang biasanya cuaca semakin panas dan pengunjung juga semakin banyak. Banyaknya pengunjung bisanya akan mengganggu burung-burung terutama yang bersifat sensitif.

    Benar memang, melakukan pengamatan burung yang baik itu saat masih pagi saat burung mulai beraktifitas entah membersihkan bulu, berjemur, mencari makan, dll. Meskipunada pengecualian untuk raptor-raptor yang sering terlihat saat soaring karena biasanya mereka terlihat soaring saat hari sudah agak siang. Saya kembalikan lagi ke tujuan pengamatannya, mau mengumpulkan list, mengamati perilaku individu tertentu, menemukan individu tertentu, sekedar melepas kangen jalan-jalan, hanya inigin memegang bino atau yang lainnya.

    Salam KSBB,

    @Aghnanisme
    7de98cf2

    2 comments:

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.