Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Makna Burung di Kepengurusan Bionic - Part #1

    Masih teringat jelas stiker pengurus buatan Mba Suci yang saat itu menjabat di bidang media dan informasi. Stiker berbentuk burung dengan tulisan amanah serta nama-nama pengurus yang mendapatkan amanah tersebut. Entah sengaja atau tidak, tetapi peletakan nama-nama tersebut seperti memiliki makna dan filosofi tersendiri.

    Seperti ketua yang berada di paling atas yang menurut saya seperti otak yang bertanggungjawab untuk mengkoordinasi semua bagian tubuh. Kemudian sekretaris diletakkkan di paruh, mungkin karena sekretarislah yang bertugas mematuk-matuk entah itu makanan maupun bagian tubuh yang lain. Makanan dalam hal ini adalah proposal untuk pendanaan organisasi sedangkan bagian tubuh lain itu melambangkan bidang-bidang lain karena sekretarislah yang akan menuliskan laporan pertanggungjawaban mereka. Di bawah paruh terdapat tembolok dan itu diisi nama bendahara. Sesuai dengan fungsinya, menampung dan menyimpan makanan dalam hal ini uang yang dimiliki organisasi.

    Dibagian leher terdapat nama-nama dari bidang pemberdayaan anggota. Leher merupakan penghubung antara kepala dengan tubuh dan itu seperti tugas bidang pemberdayaan anggota. Di dada terdapat tulisan KPB Bionic UNY 2015 dengan ukuran font lebih besar. Mungkin maksudnya adalah karena bagian dada sangat penting, melindungi bagian-bagian penting di dalamnya.

    Bidang operasional, tempat saya memulai berkecimpung dengan organisasi pertama di kampus. Nama-nama kami diletakkan di kaki, paling bawah. Awalnya sempat bingung dengan maknanya, tetapi menemukan jawabannya seiring waktu berjalan. Bidang operasional dillambangkan di kaki karena ranah kerjanya memang di lapangan. Jalan dan mengais, survei lokasi dan mencari jalur pengamatan.

    Semakin bangga ketika salah satu senior mengatakan bahwa bidang operasional dan pemberdayaan anggota itu rohnya Bionic. Seperti kuliah, proker pemberdayaan anggota adalah mata kuliah teori sedangkan proker bidang operasional adalah mata kuliah praktikum. Keduanya penting dan akan saling melengkapi.

    Bukan berarti bidang lain tidak penting. Bidang media dan informasi dituliskan dalam sayap. Seperti fungsi sayap yaitu untuk mengepak dan terbang, membuat Bionic terlihat dan diketahui keberadaanya karena terbang mengembara mengolah informasi.

    Kemudian di bagian tunggir dan tungging ada bidang humas. Meskipun kesannya kotor karena terdapat alat ekskresi tetapi itulah salah satu fungsi humas, menyeimbangkan kondisi internal organisasi dan mengeluarkan informasi untuk eksternal. Di bagian ekor adalah bidang kerumahtanggaan, terlihat tidak terlalu penting padahal sangat dibutuhkan. Ekor sangat penting terutama untuk burung-burung tertentu seperti merak jantan dimana keindahannya berada di ekornya. Dan ini sangat dibutuhkan di Bionic terutama sekretariat yang harus tetap terawat dan terlihat indah.


    Satu tahun berlalu.. Kepengurusan berganti.. Bentuk burung dan bagian-bagiannya tetap pada tempatnya, tetapi nama-nama itu berpindah dan berganti.. Saya yang dulu berada di kaki diberi amanah berada di kepala, menggantikan Mas Abid.

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.