5 Elemen dalam Sebuah Branding yang Wajib Diketahui
Dalam berwirausaha tentu branding akan sangat penting, apalagi jika usaha yang kamu jalankan ingin menjangkau pasar yang lebih luas dan ingin selalu dikenal oleh konsumen. Baiknya kamu mengenali beberapa elemen branding berikut ini agar kamu tidak bingung dengan istilah dalam branding. Selain itu agar mempermudah kamu dalam melakukan branding.
1. Brand Identitiy (Identitas Brand)
Brand Identity mencakup semua hal yang bisa dilihat dan didengar oleh konsumen dalam brand kamu, baik nama, logo, warna, slogan, dll. Identitas brand adalah bagaimana seseorang ingin dikenal oleh orang lain. Ini mencakup elemen-elemen seperti nama, logo, warna, gaya komunikasi, dan nilai-nilai yang ingin ditonjolkan. Dalam personal branding, identitas brand Anda adalah gambaran tentang siapa Anda, apa yang Anda tawarkan, dan apa yang membuat Anda unik. Identitas ini harus konsisten dalam semua interaksi, baik secara online maupun offline, agar mudah diingat oleh orang lain.
Brand Identity, Elemen Sebuah Branding (Denny Müller) |
2. Brand Image (Citra Brand)
Citra brand adalah persepsi atau kesan yang dimiliki orang lain tentang Anda. Ini dibangun melalui pengalaman, reputasi, dan apa yang mereka dengar atau lihat dari Anda. Dalam personal branding, citra ini terbentuk dari bagaimana Anda berinteraksi dengan orang lain, bagaimana Anda menyampaikan pesan, dan bagaimana Anda menjalankan nilai-nilai Anda. Untuk memastikan citra yang positif, penting untuk terus memperhatikan bagaimana Anda berperilaku dan berkomunikasi di berbagai platform. Citra sebuah brand merupakan bagaimana gambaran seorang konsumen terhadap brand yang kamu miliki. Misalnya orang mengingat brand Apple dengan citra yang berkualitas dan premium.
Brand Image, Elemen Sebuah Brand (Arnel Hasanovic) |
3. Brand Positioning (Penempatan Brand)
Penempatan brand adalah bagaimana Anda memosisikan diri dalam pikiran audiens atau pasar Anda. Ini melibatkan penentuan keahlian atau nilai unik yang membuat Anda berbeda dari yang lain. Dalam personal branding, Anda perlu menemukan ceruk atau bidang di mana Anda dapat bersinar dan menjadi referensi utama. Misalnya, apakah Anda dikenal sebagai ahli dalam menulis artikel konservasi burung? Fokuslah pada itu untuk membangun posisi yang kuat.
Brand Positionong, Elemen Sebuah Brand (jeshoot.com) |
4. Brand Personality (Personalitas Brand)
Personalitas brand adalah karakter atau kepribadian yang melekat pada brand Anda, mencerminkan siapa Anda dan bagaimana Anda ingin dilihat. Dalam personal branding, personalitas ini muncul dari cara Anda berbicara, menulis, atau berinteraksi. Jika Anda ramah, profesional, dan penuh semangat, maka kesan itu akan melekat pada audiens. Pilihlah gaya komunikasi yang autentik dan konsisten dengan diri Anda agar audiens merasa terhubung. Sebuah brand dibangun dengan mencerminkan personalitas tertentu seperti mahal atau murah, natural, organik, dll. Brand personality tentunya erat kaitannya dengan brand image dan brand positioning.
Brand Personality, Elemen Sebuah Brand (David Lezcano) |
5. Brand Equity (Kekuatan Brand)
Kekuatan brand mengacu pada nilai atau kepercayaan yang telah Anda bangun dari waktu ke waktu. Dalam personal branding, ini diukur melalui tingkat pengakuan, penghargaan, atau kepercayaan yang Anda terima dari audiens. Semakin tinggi kualitas reputasi Anda, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan peluang baru, seperti proyek atau kolaborasi. Bangunlah kekuatan brand dengan terus memberikan nilai dan menjaga hubungan yang baik dengan audiens Anda. Brand Equity menggambarkan seberapa kuat brand yang Anda miliki di pasar, tentu tujuan utamanya menjadi Top of Mind Awarness atau jadi pilihan di benak konsumen.
Brand Equity, Elemen Sebuah Brand (Austin Distel) |
Sumber: @creatifastudio
No comments
Terima kasih sudah berkunjung.
Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.