Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Teknik Bermain Badminton


    Selamat datang di The Aghnanisme. Kali ini kami akan memberikan informasi seputar olahraga. Ada yang suka bermain badminton atau sering disebut bulu tangkis? Ternyata badmintaon ada tekniknya hlo! Tidak sembarangan. Buat kamu yang belum tahu, wajib baca artikel di bawah ini.
    Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Seperti tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan ("kok" atau "shuttlecock") melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

    Lapanagan Bulu Tangkis
    Sebelum ke teknik bermain badminton, ada baiknya sahabat tahu mengenai lapangan yang digunakan untuk bermain badminton.
     

    Lapangan badminton berbentuk persegi panjang. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan. Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.

    Teknik Dasar Permainan Bulu Tangkis
    a. Memegang Raket
    Pegangan raket ada tiga macam, yaitu:
    1. Pegangan forehand (pegangan dasar), pegangan ini didapat dengan cara mendirkan raket yang sisinya tegak dengan lantai. Pegangan ini hampir sama dengan posisi tangan sedang bersalaman.
    2. Pegangan backhand, pegangan ini didapat dengan jalan memutar seperempat ke kanan dari pegangan forehand.
    3. Pegangan pukul kasur/Amerika, mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Kemudian ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar.
    b. Teknik Pukulan
    Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulitangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapanagn lawan. Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis, yaitu:
    • Pukulan Servis, pukulan servis merupakan pukulan degan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal. Ini bertujuan sebagai permulaan permainan.
    Macam-macam pukulan servis, yaitu: 
    a. Pukulan servis pendek 
    b. Pukulan servis panjang 
    c. Pukulan servis mendatar 
    d. Pukulan servis cambuk
    • Pukulan Lob, pukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulutangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.
    Pukulan lob dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu: 
    a. Overhead lob, yaiutu pukulan lob yang dilakukan dari atas kepala dengan cara menerbangkan shuttlecock melambung ke arah belakang.
    b. Underhand lob, yaitu pukulan lob yang dilakukan dari bawah dengan cara memukul shuttlecock yang berada di bawah badan dan di lambungkan tinggi ke belakang.

    2 comments:

    1. bagus artikel ni..boleh mahirkan lagi skill bermain badminton nie..nanti ada masa lapang nak main badminton..tapi selalu je sibuk..tak sempat nak main pon..:-)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Wah, olahraga itu penting sob. Ya, minimal lari pagi untuk menjaga kesehatan.
        Terima kasih sudah mau mampir 8-)

        Delete

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.