Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Gelatik 2014

    Kepedulian Di Hari Ini, Kelestarian Di Masa Depan.


    Gelatik atau Gelar Pelantikan merupakan salah satu syarat menjadi Anggota BIONIC. Di dalam acara ini terdapat beberapa penyampaian materi seperti Pengenalan Organisasi BIONIC, Mengamati Burung dan Konservasi, dan informasi mengenai pengalaman dan prestasi dari para anggota BIONIC sebelumnya.

    Jum'at, 28 Februari 2014
    Peserta berangkat dari Kampus UNY setelah Shalat Ashar, kecuali Admin yang berangkat dengan jalur sendiri. Maklum, lokasi yang dituju adalah Wisma Sermo Asri yang berada di Kulon Progo. Setelah Shalat Isya', acara dimulai dengan sambutan Ketua Panitia dan Ketua Bionic. Lalu dilanjutkan dengan Pengenalan Organisasi BIONIC UNY dan Materi Bird Watching I.

    Sabtu, 1 Maret 2014
    Aktivitas pagi hari diawali dengan senam pagi dan sarapan. Sekitar pukul 07.00 Bird Watching Part 1 dimulai setelah sebelumnya sudah dibagi ke dalam beberapa kelompok beserta seorang pemandu yang kece (katanya).

    Meskipun ini (pengamatan burung) adalah kegiatan ketiga yang Admin ikuti, Admin baru mulai men-sket atau membuat catatan lapangan. Burung yang berhasil kami amatai dan teridentifikasi adalah Burung Cucak Kuning, Burung Kadalan Birah, dan Burung Elang Ular Bido. Setelah pengamatan, hasil dari pengamatan tersebut dipresentasikan dan didiskusikan bersama.

    Sore hari ada games yang kocak. Tiap kelompok dibagi menjadi 4 bagian, Ada yang bertugas menyusun puzzle, menyampaikan pesan, pelukis, dan kanvas. Puzzle yang disusun adalah gambar burung yang memiliki warna khas, setelah puzzle tersusun penyampai pesan akan menmberikan informasi kepada pelukis untuk melukis kanvas (muka peserta lain) yang bersiap di ujung lain.

    Kami sempat pergi ke Waduk Sermo untuk menikmati sunset dan hunting foto siluet.

    Malamnya, penyampaian materi dari Mas Kukuh yang kompor gas. Dilanjutkan dengan pengalaman anggota BIONIC angkatan awal yang berhasil melakukan ekspedisi Trulek Jawa (burung endemik yang langka) dan Burung Junai (mirip Bob Marley).

    Minggu, 2 Maret 2014
    Berhubung konsumsi sedikit terlambat, Bird Watcing Part II dimulai agak siang. Sarapan dibawa dan dimakan saat perjalanan. Di Bird Watching Part II ini kami sempat melihat Burung Raja Udang Meninting, Burung Madu, dan Burung paruh panjang (lupa namanaya). Teteapi, Admin masih penasaran dengan burung yang sempat Admin kejar sendirian di sungai aliran Waduk Sermo. Admin melihat burung sebesar Burung Emprit, warna tubuh merah dan hitam, bersembunyi di rerumpunan pohon bambu.

    Sebelum acara ditutup, ada acara penyematan Keluarga Baru Bionic Angkatan 11 yang kami beri nama Angkatan Elang Ular Bido. Penyematan dilakukan dengan mengalungkan binokuler kepada tiap peserta. Setelah itu foto bersama di depan Wisma Sermo Asri dan kembali ke rumah masing-masing.

    Kepedulian di hari ini, kelestarian di masa depan.

    Salam Sahabat,

    Aghnanisme

    2 comments:

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.