Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Bambangan Merah, List Baru dari Blok O

    Blok O Yogyakarta, 24 September 2014
    Lokasi yang akhir-akhir ini sering saya kunjungi. Tugas ekologi yang mengharuskan saya mendatangi sebuah tempat yang bisa dikatakan memiliki ekosistem yang lumayan baik bagi beberapa flora maupun fauna. Dengan banyaknya tumbuhan tinggi maupun semak yang mengelilingi beberapa blumbang di mana di dalamnya terdapat enceng gondok yang sangat melimpah membuat beberapa hewan yang menyukai perairan singgah di sini.
    The Aghnanisme - Bambangan merah / Cinnamon Bittern / Ixobrychus cinnamomeus [Imam T]
    Fokus ke burung. Burung yang mudah ditemukan di sini antara lain Cucak kutilang / Sooty-headed Bulbul / Pycnonotus aurigasteri, Bondol jawa / Javan Munia / Lonchura leucogastroides, Tekukur biasa / Spotted Dove / Strptopelia chinensis dan saudaranya Dederuk Jawa / Island Collared-dove / Streptopelia bitorquata.

    Burung semak dari Famili Turnicidae seperti Gemak loreng / Barred Buttonquail / Turnix suscitator juga sering terlihat. Ukuran tubuhnya yang kecil (16cm) dengan tubuh bagian atas berbintik-bintik coklat. dada dan bagian sisi tubuh merah karat. Sekilas mirip dengan puyuh namun warnanya coklat pirang.
    The Aghnanisme - Gemak loreng / Barred Buttonquail / Turnix suscitator [Syahputra]
    Tak hanya burung tipe terestrial atau semak saja, di blok o juga terdapat beberapa burung tipe perairan seperti Kareo Padi / White-breasted Waterhen / Amaurornis phoenicurus dan Cekakak sungai / Collared Kingfisher / Todirhampus chlorisi. Kedua burung ini cukup mudah ditemukan di tempat ini. 

    Sebelumnya, saya mendapatkan beberapa list baru di tempat ini seperti Manyar tempua / Baya Weaver / Ploceus philippinus beserta sarangnya yang seperti kerajinan tangan, Wiwik kelabu / Plaintive Cuckoo / Cacomantis merulinus yang bisa dibilang cukup beruntung karena merupakan burung ghaib bagi saya, dan Tikusan alis putih / White-browed Crake / Porzania cinerea yang juga tidak sengaja teramati bersama Mas EP.

    Nah, sekaranglah judul postingan di atas yang saya bahas. List baru saya. Di blok wOw Yogyakarta. Seekor burung dengan tubuh berurukuran sedang (40cm) dengan warna jingga kecoklatan di bagian atas dan coklat lebih terang di bagian bawahnya. Dari bentuk dan postur tubunhnya, burung ini termasuk dalam Famili Ardeidae. Jika diamati lebih detail, terdapat coretan hitam di sisi tubuh dan coretan putih di sisi leher. Bambangan merah / Cinnamon bittern / Ixobrychus cinnamomeus menambah list burung di buku saya menjadi 111 list di akhir bulan September ini.

    Salam Bams,

    @Aghanisme
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.