Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    FGD di Atma Jaya

    Kegiatan Focus Group Discussion ini diselenggarakan pada tanggal 20 Oktober 2014 di Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. PPBJ diundang dalam acara ini untuk mendiskusikan tentang "Burung sebagai Indikator Kualitas Lingkungan di Perkotaan dan Suburbia.
    Acara dimulai dengan pembukaan sekaligus sambutan dan materi dari Bapak Pramana Yuda yang bertema "Pendekatan Citizen Science untuk Memantau Dampak Perubahan Lingkungan". Dalam materinya disampaikan mengenai pertumbuhan ekonomi yang meningkat berbanding terbalik dengan lahan pertanian di Jogja. Selain itu, menjelaskan mengenai jumlah penelitian atau publikasi burung di Jogja yang masih sedikit akibat adanya permasalahan mulai dari keterbatasan data, standarisasi metode, bird banding, dan online reporting yang masih perlu dibenahi.

    PPBJ juga mendelegasikan salah satu anggotanya untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan dan diskusi PPBJ. Beberapa hal yang disampaikan antara lain mengenai PPBJ itu sendiri, jenis burung di Jogja, gambaran lokasi di Jogja, dan burung-burung migran di Jogja.

    Pemateri dari ITB, Ibu Ani juga menyampaikan materinya yang berjudul "Konsep Indeks Komunitas Burung RTH di Perkotaan". Dalam diskusi ini disampaikan Bagaimana mengukur kualitas RTH menggunakan IKB?. Dengan membagi burung menjadi beberapa kelompok berdasarkan guildnya, kualitas RTH dapat diperkirakan.

    Menyambung dari pemateri sebelumnya, Saudara Walid sedang melakukan penelitian mengenai "Indeks Komunitas Burung untuk Ruang Terbuka Hijau di Jakarta". Ia mengelompokkan burung menjadi beberapa kelompok berdasarkan guildnya, mulai dari perilaku makan, perilaku reproduksi, perilaku bersarang, habitat, asal, dll. Cara ini sudah diterapkan di beberapa lokasi di Jakarta dan hasilnya mendekati dengan apa yang seharusnya setelah dilakukan pengembangan-pengembangan.

    Nah, dari diskusi di atas diharapkan PPBJ sebagai kelompok pengamat burung Jogja dapat memperoleh informasi dan ide yang mungkin bisa dikembangkan lagi terutama untuk kota Jogja ini.

    Salam PPBJ,

    @Aghnanisme
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.