Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Mengembara Bersama Bionic


    Sudah 10 tahun Bionic berdiri, terbang, dan berkarya. Sepuluh tahun yang lalu tepat di tanggal 25 Desember 2004, Bionic resmi lahir dari hasil sidang umum Himabio UNY. Baru satu tahun yang lalu, Bionic menjadi UKM-F bergabung dalam jajaran ormawa lain di FMIPA UNY.

    Agustus 2013
    Dari sinilah pertama kali mulai tertarik dengan Bionic. Tepatnya saat MIPA on The Road. Di kebun Biologi UNY, Mas Kukuh yang saat itu berteriak-teriak lantang tapi konyol membuat saya penasaran. Hm, buku-buku berisi gambar dan foto burung, biasa saja. Hanya saja background foto burung berupa pemandangan alam yang masih asri membuat saya berpikir (sepertinya enak bisa jalan-jalan di hutan).

    Beberapa bulan mengikuti perkuliahan, Bionic melalui Mba Arell (pemandu Andri) mengajak Mersi. Mersi? Mersani peksi, pengamatan burung maksudnya. Taman Pancasila - Food court - FBS - Lembah UGM menjadi rute pengamatan. Tak banyak yang bisa saya ingat, tetapi yang paling berkesan adalah Kakaktua Raja di Lembah UGM. Ya, burung luar jawa yang (katanya) sengaja dilepaskan di sana. Melihat burung tersebut, para senior Bionic takjub sampai berteriak-teriak "Subhanallah" (sampai segitunya ya).

    Februari - Maret 2014
    Mengikuti Gelatik mungkin salah satu kecelakaan yang pernah saya putuskan. Panitia dan peserta lain berangkat dari kampus sedangkan saya berangkat dari rumah, Bantul. Hanya berbekal motor pinjaman, saya dan Katon menuju Wisma Sermo Asri, lokasi yang belum pernah kami ketahui sebelumnya. 69 orang mengikuti acara Gelatik ini, mulai angkatan 2013, 2012, bahkan angkatan yang lebih atas lagi yang katanya sudah mengikuti gelatik sampai 3 kali tetapi belum dilantik. Setelah tiga hari mengikuti acara tersebut, resmilah kami sebagai Keluarga Bionic angkatan Spilornis cheela. Kadalan birah menjadi burung yang berkesan karena harus berlarian dan bersembunyi untuk menemukannya. Dilanjutkan Mersi I di Plawangan dan juga Pelatihan Penulisan Proposal 50 Judul. Jalan-jalan didanai, siapa yang tidak berminat?

    April 2014
    Mersi II di Playen dan sebelumnya ikut survei lokasi bersama senior Bionic. Di bulan ini juga saya mencoba pengamatan sendiri tanpa pendampingan senior. Lokasinya di Lembah UGM. Tak hanya itu, di akhir bulan April saya untuk pertama kalinya pengamatan burung pantai di dua lokasi sekaligus, Pantai Trisik dan Delta Progo yang menurut cerita pendahulu kedua tempat ini sering memberikan kejutan. Saya pun penasaran.

    Mei 2014
    Pantai Tebing Ngongap, Buntut sate, dan perjalanannya tak akan pernah saya lupakan. Terimakasih Mas Kukuh. Pertengahan bulan, pengumuman lolosnya proposal pkm 50 judul kami yang berjudul "Studi Populasi dan Persebaran Burung Udang Api di Kiskendo". Follow Up Gelatik sekaligus pencarian <i>Ceyx erithaca</i> dimulai.

    Juni 2014
    Dua hari pendataan burung kampus membuat saya semakin mengenal jenis burung apa saja yang berada di UNY. Di bulan Juni ini juga kami melanjutkan pencarian Burung Udang Api selama 3 hari berturut-turut dan kami menyebutnya Ekspedisi Kecil.

    Juli 2014
    Meskipun bulan puasa, hasrat ingin melakukan pengamatan tetap ada. Blok O Yogyakarta menjadi pilihan. Ngabuburit ala Birdwatcher. Mulai dari Puncak Plawangan - Kiskendo - sampai Delta Progo, saya tetap melakukan pengamatan burung meskipun harus menahan dahaga. Mungkin memang karena sudah senang dengan pengamatan burung dan nyaman dengan para Bionicers.

    Agustus 2014
    PPBI IV menjadikan saya mengetahui dan mengenal beberapa Birdwatcher super dari berbagai penjuru kota di Indonesia. Mereka berkumpul di Semarang ingin merealisasikan proyek besar mereka, Atlas Burung Indonesia. Semoga berhasil.

    September 2014
    Lomba Pengamatan Burung pertama saya. Meski hanya memperoleh juara IV (tidak diumumkan) saya tetap senang dan bangga, terutama dengan sketsa saya yang mulai baik dan besar serta pengetahuan mengenai burung bertambah. Terimakasih Mas EP dan Mba Arell juga gerombolan Bionicers dalam tenda yang tidak bisa disebut satu-satu.

    Oktober 2014
    Hari-hari padat dan sibuk bagi calon anggota Bionic. Pembuatan proposal miniriset, Pelatihan burung pantai, Pelatihan Raptor, Pengambilan data miniriset berurutan dan menyita banyak waktu disela-sela jam perkuliahan. Sempat dapat undangan juga dari PPBJ mengikuti FGD di Atma Jaya, joss.

    November 2014
    Sempat putus asa dengan gelar anggota yang hanya tinggal di depan langkah karena harus (dipaksa) mejadi Ketua SL Ekologi padahal Laporan Proposal belum selesai, Wawancara belum, waktu SL tinggal H-6 dan panitia baru terbentuk saat itu juga. Semapat berpikir "Harus ada yang dikorbankan, SL tidak bisa ditunda, untuk Bionic mungkin bisa mengikuti pelantikan anggota tahun depan". Namun, berkat dorongan dari berbagai pihak, semua bisa terlaksana dengan (lumayan) lancar. Kado istimewa di bulan bulan istimewa.

    Desember 2014
    #1dekadeBIONIC, hastag ini muncul di berbagai beranda sosial media. Sudah 10 tahun BIONIC mengepakkan sayapnya dan saya baru 17 bulan ikut dalam pengembaraannya. Menjadi Panitia #1dekadeBIONIC dan berhasil menyelenggarakan Pameran Karya Bionic, Jagongan Manuk, dan Temu Kangen Anggota Bionic merupakan salah satu kebanggaan tersendiri terlebih saat temu kangen. Melihat semuanya membaur seperti tanpa ada batasan antara pendahulu dan pemula, semua manjadi satu karena sebuah rumah yang nyaman, Bionic.

    Masih ada keinginan yang belum terlaksana untuk Bionic. Belum ada prestasi yang saya torehkan. Laporan PKM 50 Judul itu bukan saya yang membuat, judulnya pun bukan saya yang menemukan, saya hanya pelaksana. Begitu pula Kaos angkatan Spilornis cheela, itu juga bukan saya yang mendesain, bukan saya juga yang menginisiatif, saya hanya pengumpul uang dan perekap data pemesan.

    Terima kasih Bionic untuk semuanya
    -Untuk kepercayaan memegang kunci Sekre yang tidak selalu ada saat dibutuhkan
    -Untuk kepercayaan memakai akun media sosial meskipun tak selalu update
    -Untuk mengijinkan kami menggunakan sekre sebagai tempat berbagi, tempat beristirahat, tempat mencari colokan charger, maupun tempat menitipkan barang
    -Untuk perjalanan di berbagai tempat baru yang mungkin tak akan sempat dikunjungi
    -Untuk stiker 198/BIONIC/XI di buku pengamatan saya
    -dan untuk semuanya

    Semoga Bionic semakin mengembangkan sayapnya, menambah karya-karyanya, menambah prestasinya, dan yang terpenting Bionic tetap ada untuk melanjutkan pengembaraan di usia yang mulai belasan sampai seterusnya. Tetaplah menjadi ruang tamu bagi para Bionicers pendahulu, Bionicers baru, maupun para pendatang yang ingin berkunjung dan singgah.

    Selamat 10 tahun Bionic,

    @Aghnanisme
    7de98cf2

    Temu Kangen

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.