Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Pergam dan Pemandu Bionic


    Pergam
    Pergam merupakan salah satu nama burung dari keluarga merpati-merpatian atau Columbidae. Burung ini masih satu keluarga dengan Punai (Treron), Walik (Ptilinopus), Uncal (Macropygia), Dederuk (Streptopelia), Perkutut (Geopelia), Merpati (Columba), dan lainnya. Pergam (Ducula) sendiri memiliki ciri-ciri tubuh berukuran besar dengan bulu-bulu mengklap, bulu di bagian bawah biasanya putih atau abu-abu, dan biasanya bersifat arboreal.

    Pergam Bionic
    Berbeda dengan keterangan di atas, Pergam Bionic merupakan singkatan dari Penerimaan Anggota Muda Bionic. Istilah ini terbilang baru meskipun konten dan isinya tidak jauh berbeda dengan Gelatik (Gelar Pelantikan) pada tahun sebelumnya. Mengapa harus diubah jika konten dan isinya sama? Hm, kita mulai dengan istilah Gelatik.

    Gelatik atau Gelar Pelantikan pada intinya perekrutan anggota baru Bionic. Peserta yang ikut acara Gelatik akan dilantik menjadi anggota dan otomatis memperoleh nomor anggota Bionic. Sistem ini terakhir digunakan pada tahun 2012.

    Tahun 2013, masih dengan nama Gelatik namun peserta yang telah mengikuti acara ini belum termasuk anggota Bionic melainkan Keluarga. Keluarga Bionic Angkatan XI Spilornis cheela yang diresmikan di Wisma Sermo Asri dengan jumlah sekitar 60 orang.

    Anggota Bionic terakhir pada saat itu adalah 187, jumlah yang cukup banyak untuk sebuah organisasi yang baru berumur sekitar 10 tahun. Namun dibalik itu, beberapa anggota yang sudah bernomor menghilang tak terlihat setelah acara Gelatik. Mungkin karena ketidakcocokan atau pun hal lainnya. Hal inilah yang membuat Bionic mengubah kurikulumnya.

    Kurikulum baru Bionic lebih mengutamakan kualitas daripada kuantitas. Beberapa persyaratan dan kriteria untuk menjadi anggota Bionic pun mulai diterapkan di angkatan XI. Terbukti dari sekitar 60 orang yang mengikuti Gelatik, hanya 17 orang yang berhasil memperoleh nomor anggota di tahun berikutnya. Sisanya, mereka masih memiliki kesempatan untuk memperoleh nomornya di tahun berikutnya dengan menyelesaikan syarat yang sudah ditetapkan Kurikulum Bionic.

    Berdasarkan musyang dan rapat internal, nama acara Gelatik dirasa lebih cocok dijadikan nama acara tahap terakhir saat calon anggota akan dilantik menjadi anggota dan mendapatkan nomor keramatnya. Dari itulah muncul berbagai usulan nama burung yang dapat menjadi singkatan pengganti nama Gelatik. Terpilihlah PERGAM dengan kepanjangan Penerimaan Anggota Muda mengalahkan nama-nama lain yang bisa dibilang “mekso”.

    Jika diutak-atik dengan buku MacKinnon, Pergam berada di halaman awal sedangkan Gelatik berada pada halaman belakang. Ya, harapannya para Cikalang (Cikal Bakal Anggota) yang sudah mengikuti Pergam dapat mengikuti Gelatik (Gelar Pelantikan).

    Cikalang
    Cikalang adalah nama kelompok burung laut yang dalam Bahasa Inggris disebut Frigatebird, digambarkan sebagai sebuah kapal perang cepat yaitu “La Frégate”. Cikalang termasuk predator puncak. Di ekosistem perairan, jenis ini menjadi indikator keberadaan ikan dan kesehatan perairan.

    Di Bionic, Cikalang menjadi sebuah akronim Cikal Bakal Anggota. Di buku SKJB MacKinnon, Cikalang menjadi kelompok burung yang ditampilkan pertama kali di halaman paling depan. Cocoklah kalau Cikalang menjadi semacam awal mengenal dunia perburungan yang semoga bisa dipelajari sampai lembar terakhir, sampai menjadi seorang Bionicers.

    Pemandu Utama dan Pemandu Lapangan
    Pemandu mungkin sudah begitu familiar karena hampir ada di setiap kegiatan. Pemandu di Bionic dibagi menjadi dua, yaitu pemandu utama dan pemandu lapangan. Fungsi pemandu utama yang paling dasar adalah menginformasikan kegiatan yang berkaitan dengan Bionic serta memotivasi anggotanya agar dapat mencapai tahap akhir yaitu Gelatik.

    Pemandu lapangan adalah pemandu yang akan membantu pemandu utama dan anggotanya untuk melakukan kegiatan pengamatan burung di alam. Bekal utama dari pemandu lapangan adalah pengalaman atau jam keker yang tinggi.

    Dengan adanya pemandu utama dan pemandu lapangan diharapkan cikalang mampu mencapai target yang dibuat oleh Bionic. Keep birding!

    Salam Sepah Kecil,

    @aghnanisme
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.