Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Ekspedisi Pulau Bawean Part 1: Pulau Bawean dan Sebutannya (Versi Saya)

    Banyak yang tidak sadar dengan adanya titik kecil di peta yang terdapat di atas Kota Surabaya. Titik tersebut bukanlah tetesan tinta sembarangan melainkan sebuah titik yang mewakili sebuah pulau yang memiliki luas 192 km persegi, Pulau Bawean. Beberapa keunikan terdapat di pulau ini, salah satunya adalah sebagai berikut (versi saya):

    Pulau Seribu Bukit
    Bukan tanpa alasan, pulau ini saya sebut dengan pulau seribu bukit. Pertama kali kita sampai pelabuhan puluhan sampai ratusan bukit sudah terlihat menjulang membentuk grafik sin-cos yang tidak teratur. Dilihat menggunakan google maps ataupun peta kontur akan terlihat jelas kontur-kontur rapat dengan titik tertinggi rata-rata 200 sampai 600 mdpl.

    Pulau Seribu Masjid
    Tidak perlu khawatir mencari masjid untuk beribadah ataupun hanya sekedar istirahat karena di Pulau Bawean banyak terdapat masjid. Masjid-masjid di sini jaraknya lumayan dekat, mungkin hampir setiap jalan sekitar 200 meter kita akan menjumpai masjid.

    Pulau Wanita
    Sebutan ini malah dari penduduk asli Bawean. Faktanya pun demikian. Di Pulau Bawean lebih banyak kaum perempuannya daripada laki-lakinya. Hal ini dikarenakan banyak laki-laki yang merantau ke luar pulau bahkan luar negeri.

    Pulau tanpa Lalu Lintas
    Jangan kaget jika di sini tidak ada lampu lalu lintas. Jangan heran jika melihat motor tanpa spion, tanpa plat, dan motor tergeletak dengan kunci masih tertancap. Begitu juga jika melihat pengendara motor tidak menggunakan helm. This is Bawean, man!

    Pulau untuk Satwa Endemik
    Ada tiga satwa endemik di pulau ini yang menjadi sorotan akhir-akhir ini. Rusa bawean, babi kutil, dan Elang bawean. Nama terakhir yang saya sebutkan merupakan burung yang membuat saya menginjakkan kaki di pulau indah ini. Mungkin sebenarnya masih ada satwa endemik lain yang bisa ditemukan. Salah satu yang masih membuat saya penasaran adalah Cabai jawa yang memiliki warna biru di sayapnya. Mungkin di postingan berikutnya akan saya bahas.

    Salam Bawean,

    @Aghnan
    7de98cf2

    2 comments:

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.