Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Birdwatching for Kids dengan Siswa SD Muh 1 Sleman

    Belajar tidak selalu harus di dalam ruangan apalagi belajar tentang biodiversitas atau keanekaragaman hayati. Pembelajaran akan lebih bermakna dan dipahami apabila siswa melihat langsung objek dan habitatnya. Gunakan alam sebagai laboratorium.

    Hari Sabtu (16/5), KPB Bionic UNY diminta mendampingi siswa SD Muhamadiyah 1 Sleman untuk melakukan observasi flora dan fauna di Tlogo Nirmolo. Burung menjadi fokus utama pengamatan karena sesuai dengan program Bionic yaitu Birdwatching for Kids. Meskipun begitu fauna lain seperti kupu-kupu, capung, kera, dll tetap diamati dan dicatat. Begitu juga dengan floranya.
    Kamera dipinjam paksa untuk foto-foto oleh salah satu peserta
    Setelah perkenalan, pengenalan penggunaan binokuler dan pembagian kelompok, tepat pukul 09:00 WIB pengamatan dimulai. Siswa terlihat sangat antusias dalam melakukan pengamatan. Terbukti saat seekor burung terlihat, siswa berebut binokuler untuk mengamati warna dan gerakan si burung. Tak jarang burung segera terbang menjauh akibat kegaduhan dan suara berisik dari siswa.

    Disela-sela pengamatan, salah satu pemandu mencoba menjelaskan dan mengajari siswa menggambar sketsa burung dari dasar. Dimulai dari lingkaran besar untuk badan dan lingkaran kecil untuk kepala, dilanjutkan dengan paruh ekor dan memperjelas sketsa. Beberapa siswa terlihat sudah mahir menggoreskan pensil kayunya di lembar pengamatan sedangkan yang lain masih perlu gambar contoh dan metode "njiplak".
    Kakak Pemandu Bionic
    Dari pengamatan yang telah dilakukan selama kurang lebih satu jam, ditemukan beberapa jenis burung seperti Elang (Sikepmadu asia), Burung Kacamata (Kacamata biasa), Burung Madu (Burungmadu sriganti), Burung Biru (Sikatan ninon), Walet (Walet linci), Cucak ijo (Cicadaun sayapbiru), dsb. Setelah melakukan pengamatan, siswa mempresentasikan hasil pengamatannya. Dilanjutkan dengan games dan makan lalu pulang.
    Cucak ijo alias Cicadaun Sayapbiru

    Salam BW4K,

    @Aghnan
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.