Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Seminar Karya Bionic

    Pada hari Kamis, 15 Desmber 2016, KPB Bionic UNY mengadakan kegiatan Sepah (Seminar Penelitian Avifauna dan Habitatnya) dan Sikatan (Seminar Karya Angkatan). Kegiatan ini dilaksanakan di ruang D03.1.01.04 FMIPA UNY pada pukul 15:30 - 17:00 WIB.

    Sepah dan Sikatan merupakan salah satu program kerja baru dari Bidang Pemberdayaan Anggota. Tujuan dari dua kegiatan ini adalah untuk memaparkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Bionicers, sebutan bagi anggota KPB Bionic UNY. 

    Lebih khususnya, Sepah (Seminar Penelitian Avifauna dan Habitatnya) bertujuan untuk memaparkan hasil penelitian PKM 70 Judul FMIPA, dimana Bionic meloloskan 5 judul penelitian. Sedangkan Sikatan (Seminar Karya Angkatan) bertujuan untuk memparkan hasil penelitian yang dilakukan Angkatan XIII Merops philippinus.

    Beberapa penelitian yang dipresentasikan antara lain Populasi dan Persebaran Burung-madu belukar (Anthreptes singalensis) di Kiskendo yang diketuai oleh Annisa Maulidya, Populasi dan Persebaran Burung Famili Arachnothera di Kembang Soka yang diketuai oleh Luqmanul Hakim, dan Populasi dan Persebaran Bubut jawa (Centropus nigrorufus) di Suaka Margasatwa Sermo yang diketuai oleh Nia Widiastuti. Selain itu juga penyampaian hasil penelitian yang diketuai oleh Isdini Ganishwardhani dengan judul Studi Pakan Udang-punggung merah (Ceyx rufidorsa) di Kiskendo dan penelitian yang diketuai oleh Wicak Aji Pangestu dengan judul Pohon Pakan Burung Famili Nectarinidae di Kiskendo.

    Penelitian yang terakhir berjudul Pendataan Pohon Pakan Burung di Kampus UNY Karangmalang. Penelitian ini dilakukan oleh Angkatan XIII Merops philippinus sebagai salah satu syarat untuk dilantik menjadi anggota Bionic. Dalam penelitian ini, angkatan XIII Merops philippinus dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengambilan data di Kampus UNY Karangmalang. Lokasi pengamatan dibagi berdasarkan blok pengamatan Pendataan Burung Kampus.

    Hasil dari presentasi yang berupa pertanyaan dan saran akan digunakan sebagai pertimbangan sebelum mengirimkan hasil penelitian ini dalam Konferensi Peneliti dan Pemerhati Burung Indonesia III yang akan diselenggarakan di Bali pada tanggal 2-4 Februari 2016. (Aghnan)

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.