Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Istilah-istilah Birdwatching

    Pagi hari di Sekre Bionic. Beberapa lembar kertas yang cukup usang berserakan di bawah rak buku. Sekabar Dua Kabar "Kabar Burung" edisi Maret 2004. Pantas saja, kertasnya sudah berubah warna dari butih menjadi abu-abu kekuningan.

    Mencoba membuka lembar demi lembar. Sebuah judul "ISTILAH-ISTILAH BIRDWATCHING" menghentikanku membuka lembar selanjutnya. Ternyata banyak sekali istilah-istilah dalam Birdwatching.

    Birdwatching adalah pengamatan burung. Sedangkan pengamatnya disebut Birdwatcher.

    Twitch atau menemukan/mengamati suatu jenis burung langka yang sudah diberitahukan oleh pengamat burung lain. Sedangkan pengamat burung yang terobsesi untuk membuat daftar jenis burung dan berusaha mengamati burung-burung langka yang sudah ditemkan birdwatcher lain disebut twitcher. Demi obsesinya tersebut, twitcher akan mengunjngi berbagai negara hanya untuk melihat suatu jenis burung yang langka. Intine, ambisius. Namun, ada juga twitcher yang tidak begitu ahli dalam mengidentifikasi burung tetapi hanya ingin menemukan brung yang sudah ada di daftar yang mereka miliki.

    Ada juga Birder, seorang pengamat burung yang bersemangat namun tidak begitu terobsesi dalam pengamatan burung. Birder memiliki pengetahuan dalam hal identifikasi burung dan mengetahui lkasi-lokasi lokal yang bagus untuk dijadikan spot pengamatan burung. Mereka juga mencari burung yang dikejar twitcher dan juga sering membantu dude mengenai identifikasi burung.

    Dude sendiri adalah pengamat burung yang begitu serius dalam pengamatan burung, mereka lebih menyukai mengamati lingkungan yang indah dan cuaca yang bagus. Mereka biasanya sudah puas dengan burung-burung baru yang "sudah biasa" ditemukan twitcher. Dan, kebanyakan dari dude tidak begitu ahli dalam hal identofikasi, tetapi mereka sangat menikmati dengan burung-burung yang mereka jumpai. Seorang dude terkadang menemukan burung baru atau perilaku unik dari seekor burung, namun catatannya masih diragukan atau dianggap stringty. Tak perlu malu menjadi seorang dude karena dengan menyukai lingkungan, kita juga sudah termasuk orang-orang yang bersyukur.

    Jenis burung di suatau kawasan tertentun yang tidak berhasil teramati saat melakukan pengamatan burung disebut dip. Sedangkan gagalnya melihat suatu jenis (atau banyak jenis) burung saat ber-twitch disebut dip out on. Ada juga bogey, sejenis burung yang terus-menerus terlewat walaupun sering mencoba untuk mengamatinya. Dan, grip of, yang intinya temanmu melihat burung yang ingin kamu temukan tetapi kamu tidak.

    Pernah melihat seekor Elang-ular bido di Merapi lalu memasukkannya ke dalam list. Setelah itu, menemui Elang-ular bido di Kiskendo lalu memasukkannya ke dalam list. Nah, Elang-ular bido tersebut menjadi tick. Namun, apabila seorang pengamat burung melihat suatu jenis burung untuk pertama kali, sepanjang hidup, diamati dan ditemuinya, hal ini deisebut lifer.

    Dari beberapa istilah di atas, termasuk manakah kamu.. iya kamu..?
    Sumber: Kabar Burung, Kukila
    Salam Birder,

    @Aghnanisme
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.