Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Tempat-tempat yang Bisa Kamu Kunjungi Jika Kamu Seorang Bionicers

    Menjadi seorang birdwatcher yang senang dengan kegiatan pengamatan burung akan menuntut kita menemukan jenis-jenis burung menarik yang belum dijumpai. Beberapa jenis burung bisa dijumpai di sekitar kita, tetapi ada beberapa jenis burung yang hanya dapat dijumpai di lokasi tertentu. Mungkin hanya di gunung, hutan, rawa, pantai, sungai, dan habitat lainnya.

    Berikut beberapa lokasi yang sudah dijejaki Bionicers di tahun 2015 ini:

    1. Pagak, Purworejo
    Sungai cukup lebar dialiri air yang cenderung tenang dengan hamparan tumbuhan air dan mangrove akan menjadi pemandangan pokok di lokasi ini. Tumbuhan khas enceng gondok yang tumbuh cukup tinggi berada di sisi-sisi sungai dan beberapa membentuk pulau enceng gondok tersendiri. Beberapa burung air seperti Mandar batu dan Tikusan merah mudah dijumpai di tempat ini.

    2. Rawa Jombor
    Hampir sama dengan Pagak, tetapi lokasi ini menyajikan hamparan enceng gondok yang luas. Genangan-genangan air membentuk seperti danau kecil sering digunakan beberapa burung air seperti Burung-sepatu teratai mencari makan.

    3. Jogja Adventure Zone atau Blok O Yogyakarta
    Tempat ini bisa dikatakan miniatur Rawa Jombor dengan sedikit editing. Ada permukaan yang tertutup enceng gondok ada juga yang bersih dari enceng gondok tetapi terdapat beberapa tanaman teratai di tengahnya. Tumbuhan tinggi mengelilingi perairan menggenang membentuk semacam benteng yang melindungi burung-burung seperti Kareo padi, Manyar tempua, dan Raja-udang meninting yang tinggal di dalamnya.
    Puncak Plawangan - @aghnan
    4. Taman Nasional Gunung Merapi
    Hutan dengan bermacam jenis vegetasi akan tersaji sepanjang jalur pengamatan. Burung-burung cantik seperti Walik kepala-ungu, Ciung-batu kecil-sunda, Elang jawa, dan bermacam jenis burung akan dijumpai. Goa Jepang, Tlogo Putri, dan Puncak Plawangan dapat menjadi tujuan.

    5. Suaka Margasatwa Sermo, Kulon Progo
    Hutan kayu putih dan pohon jati akan terlihat mendominasi hutan di kawasan ini. Punai penganten, Kadalan birah, dan Elang-ular bido menjadi tujuan untuk melakukan pengamatan burung di tempat ini. Selain itu, terdapat Waduk Sermo yang menjadi daya tarik tersendiri dengan tampungan airnya yang melimpah.

    6. Desa Wisata Jatimulyo, Kiskendo, Kulon Progo
    Lokasi yang harus ditempuh dengan jalanan cukup memcu adrenalin tetapi banyak memberikan obat penghilang penat dan lelah. Lokasi ini memiliki beberapa air terjun di beberapa titik. Jalur pengamatan melalui hutan yang didominasi tumbuhan berdaun seperti tumbuhan lamtoro. Burung-burung unik yang sempat menjadi kejutan yaitu Udang api tinggal di tempat ini.Tak ketinggalan Elang hitam dan Walik kembang juga menjadi primadona di sini.

    7. Taman Hutan Raya Bunder, Gunung Kidul
    Daratan tinggi dengan hutan sekunder yang didominasi pohon jati akan menjadi sajian khas Tahura Bunder. Sebuah sungai mengalir dengan air jernih dapat menjadi tempat melepas lelah setelah melakukan pengamatan burung. Kicauan Speah kecil, Ayam-hutan hijau, dan Kirik-kirik senja akan mengiringi perjalanan melakukan birdwatching. Sikep-madu asia dan Bubut jawa dapat menjadi target list yang harus dijumpai.

    8. Hutan Mangrove Baros, Bantul
    Belum banak yang mengetahui lokasi ini. Padahal lokasi ini memiliki habitat yang bagus untuk burung-burung seperti Cekakak suci, Cangak abu, dan juga Bubut jawa tinggal. Jajaran mangrove dengan akar tunjang dan tanaman api-api dengan akar napasnya akan dijumpai di sini. Selain itu hewan khas mangrove seperti kepiting mangrove yang lengan capitnya besar sebelah serta ikan glodok yang mampu berjalan di daratan sangat mudah diamati.

    9. Lembah UGM
    Tak banyak yang tahu dan mau mengunjungi lokasi ini. Hanya para pencari ikan dengan kail pancingnya yang sering terlihat. Padahal lokasi ini cukup baik melindungi beberapa jenis burung dengan air tampungan dan hutan kecil yang lumayan rimbun dengan pohon-pohon besarnya. Sekor Kakatua raja sempat dilepasliarkan di lokasi ini. Kipasan belang dan Raja-udang meninting kerap terlihat di sini. Selain itu, di pulau kecil yang berada di tengah perairan merupakan tempat bersembunyi Kareo padi dan Kowak-malam abu.

    10. Pantai Ngongap, Gunungkidul
    Sebuah tempat tersembunyi yang menyajikan pemandangan lautan luas dari atas tebing. Tempat Buntut-sate putih dan Dara-laut tengkuk-hitam menari-nari di atas lautan. Tebing-tebing menjulang terhantam air laut yang membuat munculnya beberapa seruling laut seperti semburan air dari ikan paus akan terlihat di beberapa titik.

    11. Delta Sungai Progo
    Sungai Progo bermuara ke laut tetapi sebelum aliran air itu bergabung dengan air laut, aliran sungai ini membuat sebuah ekosistem estuari yang memiliki air payau. Tempat inilah yang menjadi tempat favorit burung-burung pantai penetap seperti Cerek jawa dan Cangak abu mencari makan. Burung-burung imigran seperti Trinil pembalik-batu, Cerek-pasir Mongolia, Kedidi golgol, dan burung pantai lain kerap singgah di lokasi ini.

    Masih ada beberapa tempat lagi seperti Pantai Trisik di Kulon Progo, Bukit Jarum di Sleman, dan beberapa spot menarik di tengah-tengah kota Yogyakarta. Belum lagi jika bercerita mengenai lolosnya dua proposal penelitian yang mengambil lokasi di Pulau Bawean-Jawa Timur dan Cibodas-Jawa Barat.

    Salam Bionicers,

    @Aghnan
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.