Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Miniriset: Rencanakan, Kerjakan!

    Sebuah file berjudul “Bismillah - Miniriset Aghnan” terbuka di balik folder Bionic, Miniriset, Miniriset - Hirundinidae. Ada lima file gambar format .JPG, satu file Ms. Excel, dua file CorelDRAW, dan sebuah file Ms. Word berjudul Bismillah - Miniriset Aghnan. Tertulis di keterangan filenya tanggal 11 September 2014 jam 10:05 PM.
    Hirundo rustica / Layang-layang Asia - @aghnan 
    Ternyata sudah satu tahun file itu tersimpan. Satu tahun yang lalu saya berkutat dengan file-file itu. Hanya untuk sebuah nomor keramat. Di sela-sela kesibukan kuliah, ukuran file itu semakin bertambah dan bertambah. Dan, saat yang ditunggu-tunggu pun tiba.. ngeprint.

    Laporan Mini-riset KPB Bionic UNY berjudul Studi Populasi dan Persebaran Burung Famili Hirundinidae di Desa Gilangharjo Pandak Bantul disusun oleh Aghnan Pramudihasan (Ardeola speciosa) tertulis di halaman sampul. Di halaman berikutnya tertulis judul, latar belakang, dan tujuan.

    Di latar belakang, saya menuliskan beberapa hal tentang mengapa saya memilih family Hirundinidae dan lokasi Desa Gilangharjo. Pada intinya simpel. Famili Hirundinidae karena pada saat itu sedang musim migrasi dan laying-layang sedang menyerbu di berbagai wilayah. Salah satu wilayah tersebut adalah Desa Gilangharjo, tempat saya tinggal. Sesuai dengan saran para tetua, carilah objek miniriset di sekitar tempat tinggalmu.

    Sebenarnya, sebelum fix dengan judul tersebut saya disarankan untuk mendata keanekaragaman burung di lokasi yang sama. Namun dengan pertimbangan batasan wilayah, banyaknya spot yang harus diamati dan juga judul miniriset keanekaragaman sudah banyak dipakai (biar greget) saya memilih untuk fokus ke burung logo Bionic ini. Selain itu, untuk menemukan burung ini sangat mudah. Cukup dengan menyusuri jalan di sekitar persawahan dan mengamati kabel-kabel di tepi jalan kita dapat menemukan mereka. Pengambilan data pun saya batasi dengan melakukan pengambilan data pada saat mereka sedang bertengger sehingga mengurangi penghitungan ganda.

    Di halaman selanjtnya tertulis metode pelaksanaan yang memuat waktu, lokasi, jenis penelitian, teknik pengambilan data, teknik analisis data, dan alat penelitian. Dilanjutkan hasil pengamatan dan pembahasan di halaman berikutnya.

    Dari 15 dusun yang saya jelajahi dengan kurang lebih tiga kali pengulangan di setiap dusunnya (meskipun tidak semuanya) saya memperoleh data jumlah dan persebaran. Setelah memasukkannya ke dalam Ms.Excel dan di analsis secara deskriptif muncullah angka 585. Dan, untuk peta persebarannya saya buat titik-titik untuk menunjukkan di mana saja saya menjumpai burung family Hirundidinidae. Satu titik dalam peta buatan saya mewakili 10 individu.

    Lalu kesimpulan yang menyatakan populasi burung family Hirundinidae di Desa Gilangharjo Pandak Bantul adalah sejumlah 585 individu Layang-layang api (Hirundo rustica) dan sebuah peta persebaran yang saya buat manual dengan bantuan CorelDRAW dan Lightshot.

    Di halaman terakhir terdapat daftar pustaka dan empat foto sebagai lampiran. Inilah salah satu tiket yang telah saya buat dan berhasil saya tukar dengan sebuah nomor keramat. 198/BIONIC/XI menjadi nomor keramat saya.

    Begitulah cerita singkat saya dan miniriset sebelum menuju tahap wawancara dan pelantikan. Cari objek yang mudah kita temukan, batasi lokasi dan metode sesuai dengan kemampuan. Rencanakan, kerjakan! Kami tunggu kalian, di Gelar Pelantikan.

    Salam Miniriset,

    @aghnan
    7de98cf2

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.