Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Bertemu Burung Hijabers, Trinil Rumbai

    Panas terik dari sinar matahari pukul sembilan pagi di tengah sawah bukan halangan bagi para penenteng binokuler untuk melakukan pengamatan burung. Mereka berempat adalah pengamat burung dari Kelompok Pengamat Burung Bionic Universitas Negeri Yogyakarta.
    Kegiatan pengamatan burung yang mereka lakukan di kawasan sawah daerah selatan Kota Bantul bertujuan untuk mengetahui jenis burung apa saja yang terdapat di lokasi tersebut. Dengan menggunakan motor, para pengamat burung ini mendatangi beberapa sawah dan berhenti sejenak saat melihat puluhan burung pantai pendatang sedang berkumpul.

    Beberapa jenis burung yang teramati antara lain: Trinil semak, Kedidi-leher merah, Cerek kernyut, Trinil rumbai, Cerek-kalung kecil, Cerek-pasir besar, Trinil kaki-hijau dan penduduk setempat yaitu Cerek jawa.

    Dalam pengamatan ini, jenis burung yang paling sering dijumpai dan tercatat adalah Trinil semak yaitu sekitar 430 individu pada rentang pengamatan mulai jam 08:30 - 12:30 WIB. Di sore harinya, jumlah yang terlihat sampai lebih dari 1.000 ekor. Jumlah yang fantastis untuk sekelompok burung pantai.

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.