Header Ads

Aghnan Pramudihasan
  • Breaking News

    Daun Ketapang untuk Cupang

    Selamat datang kembali di The Aghnanisme. Menyambung posting Admin sebelumnya tentang Budidaya Ikan Cupang dan Cara Beternak Ikan Cupang, kali ini ada tambahan mengenai bagaimana jika ikan cupang terkena penyakit. Simak artikel kutipan dari  http://www.ikancupang.info  di bawah ini.
    The Aghnanisme - Daun Ketapang untuk Cupang
    Ternyata solusinya simpel. Daun ketapang obatnya. Ketapang merupakan pohon yang mirip dengan pagoda besar dengan daun berwarna hijau dan menjadi merah terang setelah menua. Daun-daun yang mulai menua akan menguning dan berguguran. Daun ketapang mempunyai racun untuk mempertahankan dirinya terhadap serangga parasit.

    Daun ketapang sendiri ada dua jenis, yaitu:

    1. Daun Ketapang yang Tumbuh di Daratan
    Daun ketapang ini sangat baik untuk ikan cupang kususnya ikan cupang aduan & hias. Daun ini berguna untuk perawatan sirip dan sisik ikan cupang, tetapi jangan membiarkan daun ini selama berminggu-minggu agar tidak mengurangi metabolisme ikan cupang.

    2. Daun Ketapang yang Tumbuh di Pinggir Pantai
    Daun ini lebih bagus dari yang tumbuh di daratan. Selain membuat sirip dan sisikmenjadi bagus, airnya pun berwarna lebih terang. Daun ini juga lebih tahan lama saat direndam di air tidak seperti yang di daratan yang akan cepat mengeluarkan minyak.

    Menurut sumber, daun ketapang yang baik untuk ikan cupang adalah daun yang sudah kering dan sudah terjatuh atau meranggas dengan sendirinya, bukan daun ketapang yang masih muda lalu dipetik dan dikeringkan.

    Sebelum dimasukkan ke wadah ikan cupang, bersihkan dulu daun ketapang kering yang sudah jatuh tadi. Setelah dibersihkan dengan air, keringkan lagi agar khasiat dari daun lebih bagus lagi. Setelah itu sobek kecil-kecil agar tidak mengganggu si ikan cupang dalam wadah.

    Sekian informasi yang dapat Admin sampaikan. Semoga dapat menambah wawasan Sahabat semua.

    Salam Sahabat,

    @Aghnanisme

    No comments

    Terima kasih sudah berkunjung.
    Tinggalkan komentar Anda dan kami akan mengunjungi halaman Anda.